Apa Yang Tidak Mungkin?

​212

Apa Yang Tidak Mungkin ?
Agak susah memahami bahwa Aksi Bela Islam jilid III akan berlangsung sukses dan super damai apalagi disana sini banyak penggembosan apalagi isu makar  yang sejak awal ditengarai akan terjadi. Bagi mereka yang berpengalaman berorganisasi dan mengorganisasi massa dalam jumlah besar ataupun mereka yang memiliki kekuasaan bahkan sebut saja panglima perang sekalipun mustahil dapat memobilisasi massa, mengatur hingga acara selesai tanpa ekses negatif yang bermakna. 
Jamaah yang hadir dari berbagai daerah, dari berbagai golongan, usia dan tidak mengenal sekat-sekat sosial maupun ekonomi. Hanya satu kesamaannya, yaitu umat Islam dan cinta Al-Qur’an. Dengan mudah mereka dikumpulkan, diatur bershaf-shaf tanpa banyak petugas yang mengatur. 
Alhamdulillah saya beruntung dapat posisi dekat panggung, tak lebih dari 5 meter sehingga dapat menjadi saksi bahwa acara demi acara berjalan mengalir begitu saja tanpa suatu protokoler yang kaku, seakan semua sudah tertata rapi bahkan mustahil melalui latihan gladi bersih berulang-ulang sekalipun. Ya acara ini sukses memang karena keterlibatan EO Maha Besar ALLAH SWT. Manusia sekelas Habib Riziq, Arifin Ilham, Bachtiar Nasir, AA Gym atau bahkan pemimpin duniapun mustahil dapat menyelenggarakan acara sebesar ini, mungkin tandingannya hanya Ibadah Haji di tanah suci.
Atas izin Allah bahkan bisa dibilang sebenarnya ALLAH yang mengatur semuanya. ALLAH lah yang mengundang umatnya yang cinta Al-Qur’an untuk berkumpul dalam jamaah super dahsyat. ALLAH lah yang memberikan kekuatan hambanya hingga halangan  apapun tidak menjadi masalah justru menjadi penguat iman. Dan  umat Islam punya keyakinan, bilamana niat, ucapan bahkan berbagai upaya yang telah dilakukan tidak mampu mengatasi ketidakadilan dan kemungkaran di atas bumi maka hanya ALLAH lah yang pantas dimintai pertolongan. Bilamana ALLAH yang berkendak maka tidak ada suatu kekuatanpun yang mampu menghalanginya. 
 “Wahai kaum mukmin, jika Allah menolong kalian dalam mengalahkan musuh, maka tidak akan ada yang dapat mengalahkan kalian. Jika Allah melemahkan kalian dalam menghadapi musuh, maka siapakah yang dapat memberi pertolongan kepada kalian selain Allah? Hanya kepada Allah-lah orang-orang mukmin seharusnya bertawakkal.” (QS. Ali ‘Imran, 3:160)
Banyak hikmah & pelajaran dari aksi 212, sungguh beruntung kita yang  diperlihatkan banyak hal kekuasaan & kekuatan ALLAH  kemarin. Kami yang berada di barisan depan dengan jelas melihat seakan  bumi dan  langit saat itu disediakan untuk mendukung perhelatan ini. Cuaca seakan mengikuti irama tauziah dan doa para ulama, kalau kita mengamati langit dan turunnya hujan…. Masya Allah seperti mengamini doa umat Nya saat itu. Begitu mudahnya ulama menguasai suasana kebatinan jamaah tentunya karena ALLAH telah menyamakan frekuensi umatnya yang penuh kepasrahan, andaikan memang ada niat makar tentu tidak ada kesulitan sedikitpun untuk menggerakkan massa. Yang ada justru ajakan untuk menghormati lambang negara dan menjaga NKRI. Pengamanan untuk Kapolri bahkan Presidenpun seakan tidak  berarti apa-apa dibanding ucapan dan gerak tangan para ulama untuk menenangkan jamaah.
Detik-detik menjelang sholat Jumat memang momen yang LUAR BIASA. Saya membawa  3 botol air mineral berukuran sedang, 1 botol sudah habis dan rencana 2 botol digunakan untuk cadangan minum dan berwudhu. Alhamdulillah ada jamaah yang meminta 2 botol sisanya karena mungkin lebih membutuhkan, disaat bersamaan timbul rasa haus yang mendalam dan beberapa menit lagi ibadah Sholat Jumat akan dimulai. Tidak banyak ruang gerak lagi bagi jamaah di barisan depan, jangankan untuk mencari air minum yang kabarnya berlimpah atau mengambil air wudhu yang sudah disiapkan, untuk duduk saja kami susah. ALLAHU AKBAR…. turun hujan deras sesaat permohonannya belum lepas dari mulut hingga minum & wudhu bukan masalah lagi saat itu.
“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu) (QS. Al Anfal, 8:11)
Sholat jumat yang luar biasa, air hujan membasahi seluruh tubuh tanpa terasa seakan mengikuti air mata yang terus mengalir di pipi. Tak terasa susahnya untuk berdiri dan  bergerak saat sholat karena shaf yang begitu rapat, andaikan ini sebuah konser musik mungkin sudah banyak korban berjatuhan karena saling berebutan.
Ketika berjalan keluar Monas sesaat usai acara, tidak tampak kotoran/ sampah tanda-tanda berkumpulnya massa dalam jumlah besar. Sampah-sampah telah terkumpul rapi dalam kantong hitam besar tapi anehnya lekukan-lekukan kecilpun tampak bersih seakan disapu dan dicuci dengan air padahal jamaah pun masih berduyun-duyun di sepanjang pelataran Monas. Adakah kekuatan lain yang datang menolong ?
(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. (QS Al Anfal, 8 : 9)
Wajar kalau kemudian Aksi 212 merupakan aksi fenomenal dunia dan sudah sewajarnya kaum muslimin mengimani Kekuasaan ALLAH yang tidak akan pernah tertandingi. Semoga kita termasuk umat yang beruntung seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surah Ali  Imran 104 :
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”
Tangkap Ahok merupakan sebuah keharusan bukan karena urusan politik apalagi isu SARA tapi sebuah penegakan hukum dan keadilan. Bangsa ini tidak perlu berpolemik lagi masalah isu kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika, tidak perlu diragukan lagi dukungan umat Islam untuk NKRI. AKSI 212 sudah merupakan  bukti keterlibatan ALLAH sekaligus peringatan bagi kaum yang berfikir yang terlalu lama membiarkan banyak kebohongan  dan kezaliman di muka bumi.
Agung Sapta Adi

December 5, 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s