PMO vs SIMO

PMO adalah singkatan dari Project Management Office, sedangkan SIMO adalah singkatan dari Strategic Initiative Management Office. Menilik dari kepanjangannya kita tahu bahwa keduanya memiliki kemiripan proses. Perbedaannya terletak pada objek yang dikelola. Yang pertama mengelola Project, sedangkan yang kedua mengelola Strategic Initiative. Untuk lebih detailnya akan diulas di bawah ini.

Keduanya memerlukan penunjukan penanggung jawab. Untuk PMO ditunjuk penanggung jawab yang biasa kita sebut sebagai Project Manager. Penunjukan ini biasanya diwujudkan dalam bentuk Project Charter. Sedangkan untuk SIMO ditunjuk penanggung jawab yang biasanya Senior Manager atau SVP. Penunjukkan ini seharusnya tercantum dalam Strategic Initiative Corporate.

Keduanya juga menfasilitasi pertemuan berkala untuk untuk membahas kemajuan. Untuk PMO tentu saja untuk membahas kemajuan Project, sedangkan SIMO membahas kemajuan Strategic Initiative. Khusus untuk pertemuan SIMO bisa juga untuk membahas keterkaitan antar Strategic Initiative. Namun menurut Peter Drucker,  pembahasan kemajuan Strategic Initiative dan keterkaitan Strategic Initiative sebaiknya dipisah.

Keduanya memiliki constraint. Untuk Project memiliki constraint Scope, Budget, dan Time, sedangkan untuk Strategic Initiative memiliki Time sebagai constraint utamanya. Apabila terjadi pelanggaran/penyimpangan dari constraint ini maka akan memunculkan Action Plan. Action plan dapat berupa Exception Report atau Request for Change (RFC).

Khusus SIMO melakukan validasi  hubungan sebab akibat antara Strategic Initiative dengan pemenuhan target dari indikator kinerja terkait. Contoh apabila ada Strategic Initiative berupa e-learning yang bertujuan meningkatkan kompetensi karyawan, maka perlu divalidasi apakah benar telah terjadi peningkatan kompetensi setelah terealisasinya e-learning.

Dan yang terakhir, namun juga yang paling penting adalah keduanya membutuhkan komitmen dari pucuk pimpinan (BOD).

Fungsi PMO secara ringkas bisa digambarkan sebagai berikut:

  • Input: Project Charter dan Project Management Plan
  • Proses: Pertemuan berkala dengan Project Team
  • Output: Project Update Status, Exception Report atau RFC bila terjadi Red Status.

Fungsi SIMO secara ringkas digambarkan sebagai berikut:

  • Input: Strategic Initiative Corporate
  • Proses: Pertemuan berkala dengan Penanggung Jawab Strategic Initiative
  • Output: Laporan kemajuan Strategic Initiative, Hasil Validasi Indikator Kinerja, Action Plan terhadap Strategic Initiative yang mengalami keterlambatan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s