Sustainable Pace in eXtreme Programming

pair-programming-2014-3-638Pertama kali mempelajari XP tahun 2003, ada sebuah komponen dalam XP yang disebut “No Overtime” atau “40 hour week“.Tiba-tiba kemarin tertarik untuk mencari lagi komponen ini dan…tidak ketemu. Tapi ketemu sebuah istilah baru yaitu “Sustainable Pace“. Ternyata pada tahun 2004, Kent Beck (pembuat XP) sendiri yang telah mengubahnya dari “40 hour week” menjadi “Sustainable Pace“. Agak aneh memang sebuah metodologi tidak hanya membahas masalah proses/tahapan dan deliverable tapi juga membahas mengenai disiplin yang harus dilakukan. Contoh lain disiplin lain yang unik adalah “Pair Programming“, yaitu pemrograman berdampingan dengan 1 pc. Biasanya programmer junior didampingi programmer senior. Programmer junior yang melakukan coding, sementara programmer senior duduk disebelahnya memberikan arahan dan melakukan code review. Konon kabarnya pemrograman model begini sangat efektif. Cuma kalo diterapkan di kantor kita, “Pair Programming” ini bisa menjadi “Couple Programming”🙂.

Baiklah kita kembali pada “Sustainable Pace“. Kent Beck menjelaskannya sebagai berikut: “Work only as many hours as you can be productive and only as many hours as you can sustain“. Bekerjalah hanya sebanyak jam yang anda bisa produktif dan bisa anda pertahankan. Bekerja di luar kemampuan produktif kita hanya akan menghasilkan penurunan kualitas/quality degradation. Martin Fowler menyebutnya “Technical Debt” (hutang teknis). Akumulasi dari hutang teknis hanya akan menimbulkan pergeseran beban/ shifting the burden.

Every minute spent on not-quite-right code counts as interest on that debt” (Ward Cunningham) — Setiap menit yang digunakan untuk membuat kode yang tidak berkualitas itu adalah bunga dari hutang tersebut.

Kerja lembur juga mengaburkan makna project velocity dan juga makna mandays. Yang pada akhirnya kita tidak pernah matang dalam melakukan estimasi penyelesaian pekerjaan di kemudian hari.

Jadi, daripada menerapkan kerja lembur, lebih baik melakukan adjustment terhadap project scope dan timing.

Bagaimana setuju?

Oya tahu ga kenapa tiba-tiba saya tertarik untuk mencari “No Overtime” di XP lagi. Karena kemarin ada yang share gambar ini:😛

pulang tepat waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s