Mengenal Watak Manusia

Menurut saya, mengenal watak manusia cukup penting. Hal ini bisa menjadi cara mengenali kekuatan dan kelemahan dari diri kita. Dengan mengenali kekuatan dan kelemahan diri kita maka kita dapat membangun kekuatan kita daripada sekedar memperbaiki kelemahan kita. Mengapa? jawabannya bisa anda baca di Developing Strength instead of Repairing Weakness.

Menurut Florence dalam bukunya Personality Plus, manusia mempunyai 4 watak dasar, yaitu:

  • Koleris: watak pemimpin, kuat, keras kepala, workholic.
  • Sanguinis: watak seleb, ratu pesta, “nggak ada lo ngga rame”, suka berbicara terkadang sampai melebih-lebihkan, memegang tangan orang hanya sekedar orang tersebut mau mendengarkannya, suka lupa, relatif boros, dan berantakan.
  • Melankolis: watak ilmuwan, biasanya cerdas, penuh analisis, tidak mudah percaya hingga paranoid, cenderung intovert.
  • Phlegmatis: watak damai, pendengar yang baik, penengah dalam suasana konflik, kurang motivasi, nyantai, cocok jadi pegawai.

Itulah sekilas 4 watak dasar manusia. Dalam diri kita bisa tersimpan satu watak, bisa juga gabungan dari 2 watak, jarang sekali terjadi gabungan dari 3 atau 4 watak. Jika hanya memiliki satu watak maka orang tersebut disebut memiliki watak sejati, contoh koleris sejati, sanguinis sejati, melankolis sejati, atau phlegmatis sejati. Kalau gabungan dari 2 watak biasanya disebut dengan watak dominan. Contoh apabila seorang punya gabungan watak koleris dan melankolis, tetapi dominan kolerisnya maka disebut koleris dominan.

Dalam perjodohan biasanya watak akan memegang peranan penting. Contoh seorang sanguinis biasanya tertarik pada seorang melankolis begitu juga sebaliknya. Seorang sanguinis tertarik pada kerapihan, kecerdasan, analisis seorang melankolis yang ia tidak punyai, sedangkan seorang melankolis tertarik pada bagaimana sanguinis melakukan tebar pesona. Setelah menikah mereka bisa saling melengkapi tapi bisa juga saling bertentangan dan tidak cocok. Maka dari itu perlunya saling pengertian.

Sudahkah anda mengenali watak anda? nah di buku personality plus tersebut ada kuesionernya, jawablah dengan jujur, maka anda akan menemukan watak anda, menemukan kekuatan anda, lalu bangunlah kekuatan itu, Insya Allah hasilnya akan luar biasa.

See you at top.

10 thoughts on “Mengenal Watak Manusia

  1. Pingback: Mempertahankan Antusias! « You are Not Alone

  2. Pingback: Watak Golongan Darah A « You are Not Alone

  3. Pingback: Watak Golongan Darah B | Dapur Ide Dot Com

  4. Pingback: Watak Golongan Darah AB | Dapur Ide Dot Com

  5. Pingback: Watak Golongan Darah O | Dapur Ide Dot Com

  6. Pingback: Watak Golongan Darah A | Dapur Ide Dot Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s